Sejarah Kerajinan Sepatu Cibaduyut Bandung



Bandung adalah termasuk kota yang besar yang ada di Indonesia, kota ini banyak sekali pengrajin pengrajin tradisionalnya yang menghasilkan karya yang mempunya nilai jual tinggi . Bandung adalah kota metropolitan yang sudah hampir menyerupai Jakarta.

Di kota ini terdapat satu kawasan yang sudah sangat terkenal yaitu Cibaduyut, daerah ini terkenal sebagai surganya pengrajin sepatu baik didaerah Bnadung maupun luar kota daerah ini sudah sangat terkenal.

Awal mulainya kawasan ini sebagai tempat industri penjualan alas kaki ini pada tahun 1920an. Awalnya mereka membuka usaha kecil-kecilan sebgai pekerjanya adalah anggota keluarga mereka sendiri. Makin lama usahanya berkembang baru lah mereka merekut warga sekitaar cibaduyut sebagai pekerjanya.




Sebelum terjadi penjajahan jepang sekitar tahun 1940 jumlah pengrajin sepatu di cibaduyut hanya 89orang saja. Meski pun mereka sedikit tapi produk yang dihasilkan begitu sangat bagus. Setelah Indonesia merdeka dan sekitar tahun 1950-an pengusaha dikawasan ini semakin berkembang karena banyak nya permintaan produk berkembang menjadi 250unit usaha.

Pemerintah pada tahun 1978 melalui kementrian perindustrian melakukan bimbingan dan pengajaran agar sentra sepatu cibaduyu ini dapat berkambang dengan cepat.

Dan pada tahun 1980-an pemerintah membangun pelayanan fasilitas Unit Pelayanan Teknis (UPT) barang kulit sepatu. Dan pada tahun 1980an pemerintah meluncurkan BIPIK berfungsi sebagai fasilitas bantuan sarana dan prasarana cibaduyut seperti pembangunan gedung, mesin dan peralatan untuk pengembagan pengarajin sepatu Cibaduyut.



Comments